jump to navigation

Mengenal Dajjal 3 May, 2006

Posted by netlog in Siapa Dajjal Itu ?.
trackback

Asal-Usul Keluarganya:

Dajjal adalah seorang manusia dari keturunan Yahudi. Dia bukan Jin atau apajua makhluk lain selain ia sebagai manusia yg ditangguhkan ajalnya "MinalMunzharin" seperti halnya Nabi Isa as yg di angkat oleh Allah swt ke ataslangit dan ditangguhkan kematiannya sehingga beliau nantinya turun semula keatas muka bumi ini lalu beliau akan mati dan di kuburkan di Madinah AlMunawwarah. Sama juga halnya dgn Iblis yg di tangguhkan kematiannya sehinggakiamat nanti.

Dajjal; ayahnya seorang yg tinggi dan gemuk. Hidungnya seperti Paruh burung.Sedangkan Ibunya pula seorang perempuan gemuk dan banyak dagingnya. MenurutImam Al Barzanji ada pendapat mengatakan bahawa asal keturunan bapanya ialahseorang Dukun Yahudi yg di kenali dgn "syaqq" manakala ibunya adalah daribangsa Jin. Ia hidup di zaman Nabi Sulaiman as dan mempunyai hubungan denganmakhluk halus. Lalu oleh Nabi Sulaiman ia akhirnya ditangkap dan dimasukkanke dalam penjara. Walau bagaimanapun kelahiran dan kehidupan masa keciltidak diketahui dgn jelas.

Sifat Badannya:

Hadis Huzaifah r.a katanya: Rasulullah s.a.w. telah bersabda: Dajjal ialah orang yang buta matanyasebelah kiri, lebat (panjang) rambutnya serta dia mempunyai Syurga danNeraka. Nerakanya itu merupakan Syurga dan Syurganya pula ialah Neraka(Hadis Sahih Muslim)
Ada beberapa ciri perawakan Dajjal yg disebutkan dalam Hadis Rasulullahsaw, diantaranya:
Seorang yg kelihatannya masih muda;Berbadan Besar dan agak kemerah-merahan;Rambutnya kerinting dan tebal. Kelihatan dari belakang seolah-olah dahankayu yg rimbun.

Dan tandanya yg paling ketara sekali ada dua:Pertama: Buta mata kirinya dan kelihatan seperti buah kismis yg kecut,manakala mata kanannya tertonjol keluar kehijau-hijauan berkelip-keliplaksana bintang. Jadi kedua-dua matanya adalah cacat.Kedua: Tertulis didahinya tulisan "Kafir (Kaf-Fa-Ra)". Tulisan ini dapatdibaca oleh setiap org Islam, sama ada ia pandai membaca atau tidak.Mengikut hadis riwayat At-Thabrani, kedua-dua tanda ini menjelma dalam diriDajjal setelah ia mengaku sebagai Tuhan. Adapun sebelum itu, kedua-dua tandayg terakhir ini belum ada pada dirinya.

Tempat Tinggalnya Sekarang:

Menurut riwayat yg sahih yg disebutkan dlm kitab "Shahih Muslim", bahawaDajjal itu sudah wujud sejak beberapa lama. Ia dirantai di sebuah pulau danditunggu oleh seekor binatang yg bernama "Al-Jassasah". Terdapat hadis mengenainya.. (tetapi terlalu panjang utk ditulis.. andaboleh membaca terus dari buku). Daripada Hadis ini jelaslah bagi kita bahawaDajjal itu telah ada dan ia menunggu masa yg diizinkan oleh Allah swt utkkeluar menjelajah permukaan bumi ini dan tempat "transitnya" itu ialah disebelah Timur bukan di Barat.

Berapa lama ia akan hidup setelah kemunculannya:

Dajjal akan hidup setelah ia memulakan cabarannya kepada umat ini, selamaempat puluh hari sahaja. Namun begitu, hari pertamanya adalah sama dgnsetahun dan hari kedua sama dengan sebulan dan ketiga sama dengan satuminggu dan hari-hari baki lagi sama seperti hari-hari biasa. Jadikeseluruhan masa Dajjal membuat fitnah dan kerosakan itu ialah 14 bulan dan14 hari. Dalam Hadis riwayat Muslim ada disebutkan:
Kami bertanya: "Wahai Rasulullah! Berapa lamakah ia akan tinggal di mukabumi ini? Nabi saw, menjawab: Ia akan tinggal selama empat puluh hari. Hariyg pertama seperti setahun dan hari berikutnya seperti sebulan dan hariketiga seperti seminggu. Kemudian hari yg masih tinggal lagi (iaitu 37hari) adalah sama seperti hari kamu yg biasa.Lalu kami bertanya lagi: Wahai Rasulullah saw! Di hari yg panjang sepertisetahun itu, apakah cukup bagi kami hanya sembahyang sehari sahaja (iaitu 5waktu sahaja). Nabi saw menjawab: Tidak cukup. Kamu mesti mengira hari itudgn menentukan kadar yg bersesuaian bagi setiap sembahyang.."
Maksud Sabdaan Rasulullah saw, ini ialah supaya kita mengira jam yg berlalu pada hari itu. Bukan mengikut perjalanan matahari seperti biasanya kitalakukan. Misalnya sudah berlalu tujuh jam selepas sembahyang Subuh pada hariitu maka masuklah waktu sembahyang Zohor, maka hendaklah kita sembahyangZohor, dan apabila ia telah berlalu selepas sembahyang Zohor itu tiga jamsetengah misalnya, maka masuklah waktu Asar, maka wajib kita sembahyang AsarBegitulah seterusnya waktu Sembahyang Maghrib, Isyak dan Subuh seterusnyahingga habis hari yg panjang itu sama panjangnya dgn masa satu tahun danbilangan sembahyang pun pada sehari itu sebanyak bilangan sembahyang setahunyg kita lakukan. Begitu juga pada hari Kedua dan ketiga.

Fitnah Dajjal:

Dajjal telah diberi peluang oleh Allah swt utk menguji umat ini. Oleh keranaitu, Allah memberikan kepadanya beberapa kemampuan yg luar biasa. Di antarakemampuan Dajjal ialah:

1. Segala kesenangan hidup akan ada bersama dengannya. Benda-benda beku akanmematuhinya.Sebelum kedatangan Dajjal, dunia Islam akan diuji dahulu oleh Allah dgnkemarau panjang selama 3 tahun berturut-turut. Pada tahun pertama hujan akankurang sepertiga dari biasa dan pada tahun kedua akan kurang 2/3 dari biasadan tahun ketiga hujan tidak akan turun langsung. Umat akan dilandakebuluran dan kekeringan. Di saat itu Dajjal akan muncul membawa ujian. Makadaerah mana yg percaya Dajjal itu Tuhan, ia akan berkata pada awan: Hujanlahkamu di daerah ini! Lalu hujan pun turunlah dan bumi menjadi subur. Begitujuga ekonomi, perdagangan akan menjadi makmur dan stabil pada org ygbersekutu dgn Dajjal. Manakala penduduk yg tidak mahu bersukutu dgn Dajjal..mereka akan tetap berada dlm kebuluran dan kesusahan.

Dan ada diriwayatkanpenyokong Dajjal akan memiliki segunung roti (makanan) sedangkan org ygtidak percaya dengannya berada dalam kelaparan dan kebuluran.
Dalam hal ini, para sahabat Rasullullah s.a.w. bertanya:"Jadi apa yg dimakan oleh org Islam yg beriman pada hari itu wahaiRasulullah?"Nabi menjawab:"Mereka akan merasa kenyang dengan bertahlil, bertakbir, bertasbih danbertaubat. Jadi zikir-zikir itu yang akan menggantikan makanan." H.R IbnuMajah

2. Ada bersamanya seumpamanya Syurga dan Neraka:
Di antara ujian Dajjal ialah kelihatan bersama dengannya seumpama syurga danneraka dan juga sungai air dan sungai api. Dajjal akan menggunakankedua-duanya ini untuk menguji iman org Islam kerana hakikat yg benar adalahsebalik dari apa yg kelihatan. Apa yg dikatakan Syurga itu sebenarnya Nerakadan apa yg dikatakannya Neraka itu adalah Syurga.

3. Kepantasan perjalanan dan Negeri-Negeri yang tidak dapat dimasukinya:
Kepantasan yg dimaksudkan ini tidak ada pada kenderaan org dahulu. Kalauhari ini maka bolehlah kita mengatakan kepantasan itu seperti kepantasanjet-jet tempur yg digunakan oleh tentera udara atau lebih pantas lagidaripada kenderaan tersebut sehinggakan beribu-ribu kilometer dapat ditempuhdalam satu jam"… Kami bertanya: Wahai Rasulullah! Bagaimana kepantasan perjalanannya diatas muka bumi ini?Nabi menjawab:"Kepantasan perjalanannya adalah seperti kepantasan "Al Ghaist" (hujan atauawan) yang dipukul oleh angin yang kencang." H.R Muslim
Namun demikian, Dajjal tetap tidak dapat memasuki dua Bandar suci umat Islamiaitu Makkah Al Mukarramah dan Madinah Al Munawwarah.

4. Bantuan Syaitan-Syaitan untuk memperkukuhkan kedudukannya:
Syaitan juga akan bertungkus-lumus membantu Dajjal. Bagi syaitan, inilahmasa yg terbaik utk menyesatkan lebih ramai lagi anak cucu Adam a.s.

Comments»

1. ndut - 30 August, 2007

masak seh………….

emang gitu y…….oooooooo……..

FENZA - 16 August, 2010

NGAJI MANGKA NYE….

2. sifda - 1 November, 2007

menurut gue wahai umat manusia hendaknya kalian brtaubat karna sebentar lagi mau kiamat

3. Bejo Sumantri - 15 February, 2008

Assalamu’alaikum,

Ketika saya membaca salah satu buku pengetahuan tentang Jawa maka terdapat tulisan sbb:

“Paduka sampun kêlajêng kêlorob, karsa dados jawan, irib-iriban, rêmên manut nunut-nunut, tanpa guna kula êmong, kula wirang dhatêng bumi langit, wirang momong tiyang cabluk, kula badhe pados momongan ingkang mripat satunggal, botên rêmên momong paduka. … Manawi paduka botên pitados, kang kasêbut ing pikêkah Jawi, nama Manik Maya, punika kula, ingkang jasa kawah wedang sanginggiling rêdi rêdi Mahmeru punika sadaya kula, …”

(“Paduka sudah terlanjur terperosok, mau jadi orang jawan (kehilangan jawa-nya), kearab-araban, hanya ikut-ikutan, tidak ada gunanya saya asuh, saya malu kepada bumi dan langit, malu mengasuh orang tolol, saya mau mencari asuhan yang bermata satu, tidak senang mengasuh paduka. … Kalau paduka tidak percaya, yang disebut dalam ajaran Jawa, nama Manik Maya (Semar) itu saya, yang membuat kawah air panas di atas gunung itu semua adalah saya, …”)

Apakah yang dimaksud dengan mripat satunggal (mata satu) ada hubungan dengan Dajjal. Karena dalam bab lain mengatakan akan menghancurkan Islam dan yang tidak mengikutinya akan dibunuhnya.

4. iwan - 1 March, 2008

pahami kisah dajjal secara analogi rambang. bayangkan bagaimana manusia zaman dahulu semestinya menceritakan tentang sesuatu kehidupan manusia yang berada di beberapa abad kemudian.

TV STASIUN CAMERA CREW BERITA IKLAN HIBURAN POSE ——- PENGEMBANGAN TEKNOLOGI JANGKAUAN RUANG JANGKAUAN WAKTU JANGKAUAN UMUR REAL-TIME!

semakin cepat, semakin tajam, semakin luas, semakin meyakinkan, semakin …

kaligrafikan huru TV dengan huruf Arab ! Visualisasi secara rambang.

Beranikah anda mengira itu sebagai DAJJAL, si pencampur salah-benar…

Lihatlah anak-anakmu yang baru lahir sudah melotot kepadanya.
Bukankah dia terlalu asyik untuk disalahkan… maka dia akan ditangguhkan.

Dsuci - 12 March, 2016

Bos kalau kamu bisa dajjal skrg juga hanfon. Bermata satu. Dibelakang ada camera mana tangkap gambar mengeluarkan fitnah dgn fb. Lepas itu hanfon melalaikan manusia sprti mana tiada hanfon manusia seperti org gila. Ini la dajjal yg sudah melalaikan manusia

5. Iwan - 6 March, 2008

Dajjal bukanlah sosok yang seram, sehingga kita ketakutan. Tapi Dajjal justru sangat menghanyutkan sehingga dia telah hadir di sekitar kita tanpa disadari. Jika anda ragu, silakan lihat Dajjal di tempatku :

http://iwansyamsumin.wordpress.com/

6. IwanSyuhada - 14 March, 2008

Dajjal adalah manifestasi dari puncak kekafiran. Yang disebutkan oleh nabi itu sebagai sosok Dajjal tentu saja benar. Tapi itu dilihat dari penglihatan hakikat. Sedangkan yang bisa kita saksikan adalah simbol2 dan efek2 sebagaimana telah ditulis dalam blog ini. Konon dulu nabi pada saat isra mi’raj pernah bertemu dengan nenek cantik mengenakan perhiasan2, dan disebutkan oleh Jibril bahwa itu adalah dunia. Apakah kita pernah melihat dunia seperti itu?
Manifestasi dari puncak kekafiran ini sebenarnya adalah suatu fenomena peradaban manusia baik itu sistem atopun pola pikir, yang dengan starting poin apapun muaranya adalah memberhalakan dunia.

7. isack Ronald - 26 April, 2008

menurut saya nih…kita hanya manusia biasa yg tdk pernah tahu akan suatu kebenaran yg sifatnya realita,dan ini semua hanya perkiraan dr pd org2 tertentu aja,so yg penting kita banyak berbenah diri aja spy jgn bnyk berbuat dosa lg melainkan bnyk berbuat amal dan saling mengasihi aja diantara sesama kt umat manusia…jgnlah kt menganggap bhw agama kt yg paling benar diantara semua agama yg ada di dunia tetapi mari kita melihat diri pribadi kt masing2 aja, jika kit memang mengasihi Tuhan maka kita jg harus mengasihi sesama kita karena Tuhan jg sangat mengasihi kita…betul gak?…yg aku tahu nih, kt umat manusia di bumi ini gak ada yg pernah tau agama mn yg akan msk ke dlm kerajaan surga…jikalau seseorang datang dan mengatakan bahwa agama islam yg paling benar di dunia ini dan pasti msk surga maka pastilah seluruh umat manusia di atas bumi ini pasti akan msk agama islam kan…begitu pula sebalikya,jikalau seseorang datang da mengatakan bahwa agama kristen yg paling benar di dunia ini dan pasti msk surga maka seluruh umat manusia di atas bumi ini pun akan masuk agama kristen…begitu pula dgn agama2 yg lainnya…tetapi oleh karena tidak ada seorangpun di dunia ini yg dpt mebuktikan hal itu tau akan kebenaran suatu agama di bumi ini maka saran saya marilah kita saling menghargai antar umat beragama sesuai dgn keyakinannya masing2 dan jgnlah mengolok-olokan agama lain spy tdk terjadi bentrokan ataupun kesalahpahaman antar agama…akhir kata perbuatlah yg terbaik bagi Tuhan dan Kasihilah sesama manusia spy dosa2mu diampuni….AMIN

FENZA - 16 August, 2010

lakum di nukum waliadiinn… “bagi mu agama_mu dan BAGI KU ADALAH AGAMA QU…Key” …… for me the dajjal stories is true… percm jg ngjlsin klo ga nyambung….

8. widhwidh - 29 July, 2008

ngga nyangka ya …
tanda” hari kiamat itu udah di depan mata .
tinggal mnunggu aja .
apa yang akan trjdi slanjutnya ,,
subhanallah …

9. hamba allah - 25 August, 2008

ya allah ampunilah segala dosa ku ini ya allah

10. Nasrani human - 25 August, 2008

dajjal adalah manusia setengah dewa jujur aja sebenarnya saya ini orang agama kristen…. jd saya melihat ini jadi takut apakah memang ada orang yang disebut-sebut itu dajjal yang mungkin berdampak buruk bagi umat seluruh dunia saya mengaku kagum kepada agama muslim yang mempunyai manusia penguji umat muslim

FENZA - 16 August, 2010

ALLAHU AKBAR …… “alloh maha besar” …. mangka dari itu , yg ter baik pasti yg akan di uji…..salam knl wahai saudara non muslim qoe…

11. hahha - 25 August, 2008

boong aja nih agama islam mana ad dajjal huhuhuhuh………V_V
adnya juga orang kristen cool……

FENZA - 16 August, 2010

iya krna lo DAJJAL Nya……

lasky - 30 January, 2011

hmmmppphh……fkir ajh secara logika buktinya sudah ada, klo u memang orang nya kritis coba cri d web tntng dajjal, klo u hnyA MODAL NGOMONG KY GINI brrti u sekutunya… logic ngg?

12. Muslimin - 7 October, 2008

Hahaha it cp ?
Dsar org g ngerti neraka !!!
Kalo kalian ingin ngerti kajaiban ALLOH SWT . .
Liat batu dr surga yg melayang karena d tahan oleh baginda rosulluloh SAW . .
Nmun Q dah lupa tmpatx . .
Kr2 d sktar tmpat suci org islam !
Smpai skrang msh da koq . .
Memang ada !
Memang keajaiban ALLOH SWT tiada bndinganx . .

Cb cr d internet . .
Kalo g prcay trsrah . .
Smw resiko d tnggung sndri . .
Mkx it ALLOH mnurunkn AL-QURAN . .
Biar klian ngerti !!!
Crta tntang ms lalu !!!
D prkrakn dajjal klwr dr florida . .
Dngn menaiki hewan yg tlingax pnjang & menyerupai kledai . .
Udahlah . .
Klo g prcy g prlu mnglok2 agama saya !
ISLAM

Bastian - 5 September, 2011

Tuhantu cuma satu jadi tuhankita ini hebat mangkannya jangan takut sama dajal . . .
takut akan allah g membuat kita ke jalan yg benar . . .
gw ni orang kristen jadi care aja jngn ngmng kyk gitu . . .
g udah tau tentang batu yg ngikuti rasullulah melayang ke atas . . .

13. HAMBA ALLAH - 18 November, 2008

UNTUK LEBIH JELAS BACA AJA AL-QUR’AN.YG GA NGERTI BACA YG ADA ARTINYA

14. Tamu - 1 April, 2009

@hahha : jangan mengadu domba agama lah..
Jujur saia bukan Muslim..hanya tamu yg kebetulan mencari tambahan arti tentang dajjal..
Ada banyak cerita tentang dajjal ini, di sumber yg saia baca, dajjal di hubung2kan dengan suatu organisasi bernama Zionisme Internasional..
mungkin teman2 pernah dengar?

lasky - 30 January, 2011

zionis, illuminati, dan freemason. ..itu lah beberapa perkumpulan yang menganut setan.. yang berisiiakan faham salah untuk membentuk dunia baru..tatanan dunia baru mereka seperti piramid yang belum di selesaikan, n atasnya ada piramid kecil yang ada mata satu, klo d islam di yakini sebagai dajjal, in my opinion.. mereka itulah para penggerak kesuksesan si Dajjal,

15. im insane but im muslin - 22 July, 2009

dajjal hanya konsep dunia.
sperti hal’y tuhan.
smua akan terjawab,stelah kita mati.
khanzanah then khusnul khotimah.

16. Yudi Prastiawan - 19 September, 2009

Matur Nuwun
Saya sudah ;mencuri’ beberapa tulisan bahkan ada yang saya posting ke tempat jangongan teman2 seperjalanan di persaudaraan_universal@yahoogroups.com. Monggo kalo mo ikut jagongan disana.

Wassalam

saddam - 20 September, 2009

sasaafgfffffffffffffffffffffffffffffffffffhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

17. nurul - 8 October, 2009

ass…
saya sedikit percaya ttg dajjal..
artikel ini sangat menarik, menegangkan, dan menakutkan.
tapi anehnya orang2 yg saya tanya selalu menjawab dajjal tidak ada dan hanya rayuan dunia yg menghanyutkan manusia

terima kasih infonya
wss…

18. fire01 - 26 October, 2009

Ass.
Dngr2 dajjal itu seseorang dr india yg brnama sai baba??apakah itu bnar?!

Raki Gaskin - 5 October, 2011

wallahu alam
bisahawab

19. syn - 30 October, 2009

Yang ngomong d sini pd bulllsiceeeettt alias tukang wadul kabeh…
Yang jelas dari segala galanya itu adalah allah..
semua hal hanya dia yang tau dan semua kebenaran hanya dia yang punya…
soooo.. apapun yang terjadi nanti mau dajal nya jahat, mau tukang bunuh ke.. apa ke…
bagi gw tetep yakin kalau allah SWT itu slalu memberikan yang baik,terbaik dan sangat baik buat umat nya yang percaya akan kebesaran nya..

FENZA - 16 August, 2010

tlg pelajari lg tentang RUKUN IMAN YG Ke _3 , “bahwa kita sbg umat muslim hrs percaya dgn adanya kitab2 alloh…” ,DI DLM HADIST AND KITAB2 LAIN dajjal memang ada & mang sprti tu krieterianya…pnyebar fitnah and pembunuh berdarah dingin dan bnyk di bahas di dlm AL-QURAN… key thUnksss

20. syn - 30 October, 2009

Ayooo siapa yang setuju gw acungkan tangan….

21. Si bobo (lawan mu dajjal!) - 8 November, 2009

Wong edan kabeh kuwi yo! Coy.. Dajjal khusus bahasan Muslim yg non muslim kykny ga tu dikitab2ny”kurang lengkap kalii dajal itu ada slh satu luuu.. Yg punya niat jelek,jelek,jelek . Tsam : bwt sai baba “Wes tau jajal TUAK urung?

22. Si bobo (lawan mu dajjal!) - 8 November, 2009

Wes ngene waelah sing ngakune dajal aku tak omong ne prabu siliwangi karo mak lampir karo nyai roro kidul, opo karo maria ozowa ben di bor ke (hooh..)

23. Si bobo (lawan mu dajjal!) - 8 November, 2009

Wes ngene wae lah,kue wong kui seng ora ngert maslhe opo asal komen wae mending ra sah komen,ngrt ora?Situs ikie q pesn wae “TUTUP” ben ra enek wong asal ngoceh asal persepsi wae,ra sah slng maki karo agama masng2 kui seng garai ancor kmbeh!IGOBLOX iso ne

24. Wongedan - 8 November, 2009

Stuju saya ma sibobo tu jngn pinter sok tau,tp kenyataan GOBLOX,Ngerusak bisa na?Situs nie cm pengtahuan phamin smua dlu jngn asal comen,ngrt g smua tu?Sya ksh saran disnie bkn t4 asal comen,puny malu g tu comen asal comen ja

25. Tamu ja - 8 November, 2009

Bguus tu kalu bsa situs nie tu2p ja,g bner lma2 smua kyk na pd perlu drefresh ulng orng yg pd ngelantur tu omngan,boleh bt pengtahuan cm ingt ja smua hidup mati kt smua tu da yg ngntur,dah lah g sah ngemeng ja u rang tu,belajr nulis bkan disnie t4 na

26. Pusing bngt - 8 November, 2009

Udh cie pusing tau,kyk na pda ribet ngmngn dajjal,orng yg sampai skrng lum tentu kt liat iya kn?Mendngn kt urusin hidup kedpn kt gmana ngpain cb sush2 ngurus tu nm na dajjal,bt tu yg bda agma mf nie,nie mslh soal agma n kprcyn,untng pa cb klu kt slng ngadu

27. Pusing tau - 8 November, 2009

Aduh koc jd gnie pd ribet geh agk na,ngpa cie pd ngurus dajjal mendngn kt urus hdp kt kedpn gmana tys pa yg mau kt lakuin iy kn,skrng dr kalian yg komen sy tnya pernh g lt dajjal,g kn?Khusus bt bda agma mf nie,nie kn maslh kepercyaan so g da slh na kt bljr

28. Peace - 8 November, 2009

Damai ja smua na,dajjal no coment!

29. Udien algazaly - 18 November, 2009

Dajjal pasti datang..brsiaplah!!krna stelahx,kiamat udh ga lama lgi..

30. asmara - 25 November, 2009

to:hahaha on
ht2 lo lq ng0m0ng. . .asl lo tau tuhan lo tu sbnrx manusia. .sm kyk org2 laen,ga bs nyiptin dunia,ga bs nyiptin manusia. . .cm bdany tuhan lo tu mndpt kdu2kn sbgai nabi. . .

Q BKAL BELA ISLAM SMPEK Q MATIII
ALLAH HUAKBAR. . . .

FENZA - 16 August, 2010

mav sodara ku ….. ADAPUN YG DI SALIB AND DI ANGGAP TUHAN ATAU SESEMBAHAN ORANG2 NASRANI , SEKALI LAGI DIA ITU BUKAN LAH SEORANG NABI…… DIA ITU HANYA SESEORANG YG DI MIRIP KAN SPRTI NABI ISA.as OLEH ALLOH S.W.T ……. Keysss and ThUnksss…. mav jika ada kata2 abdul fakir yg menyinggung hati / perasaan saudara ku….. wassalammm

Bastian - 5 September, 2011

wooi loe smua gk sadar kalo loe debat di ketawain ma dajall . . .
wokwokowowok

FirhanBayu - 22 December, 2011

Pembela islam yang sebenarnya bukanlah membela dengan menyombongkan islam, Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengajarkan umatnya untuk sombong, apalagi menyuruh untuk berbua anarki dan emosi serta saling menyalahkan antara umat manusia. Nabi ingiiiiiin sekalii melihat umatnya bisa rukun serta semua manusia bisa saling mencintai… jika anda orang islam,, kenapa kita tidak berjihad dengan mewujudkan keinginan nabi tersebut? ? Maaf sebelumnya bila ada kata 2 saya tidak berkenan di hati saudara, Mungkin bila ada kata kata yang menunjukan keangkuhan saya, saya mohon maaf…

ALLAHU AKBAR.

31. Manusia biasa - 26 November, 2009

Untukmu agama mu, untuk ku agama ku..

32. ayo - 28 November, 2009

STATEMENT

Mula-mula Dia. Selepas itu kita. Selepas itu Dia bagi kepada kita nafsu untuk membezakan di antara kita dengan malaikat. Selepas itu Dia bagi kepada kita akal untuk membezakan di antara kita dengan haiwan. Selepas itu Dia bagi kepada kita ilmu untuk membezakan di antara kita dengan iblis. Selepas itu Dia bagi kepada kita hidayah untuk membezakan di antara kita dengan Dia. Selepas itu Dia membahagikan di antara Dia dengan kita untuk menyatakan Allah Muhammad. Selepas ini kekallah Allah Muhammad. Maka nyatalah dengan ini Laailaahaillallah Muhammadurrasulullah itu di dalam solat. Maka barang siapa yang meninggalkan solat kufurlah ia.

Daripada Umrullah Imam Mahdi Al-Hakim Billah Sultan Auliya’ piakhirzaman ilayaumilqiamah

33. akhteddy90 - 3 December, 2009

Dajjal emng udh menyebarkan bualan2 palsunya!!!
ga yg rakyat biasa,,,syaikh2 pndusta,,,bhkan para pejabat…..

34. yoo - 25 December, 2009

sgala yang ad d Al Qur’an itu bnar bkn? bknkah sbgai muslim kta hrus prcaya kpada Al Qur’an yg mrupakan slah 1 dri 5 rkun Islam? Nah, apkah d Al-Qur’an d ktakan bhwa dajjal itu ad? Lalu, aplg yg hrus d prdbatkan?? Semoga kita smua d msukkan kdlam glongan org2 yg brtakwa kpada Allah SWT.. Amin.
^^

35. Danar Pulas - 26 December, 2009

Stiap masih ada adzan berkumandang kiamat tak akan datang.

36. Teddy - 26 December, 2009

Mengapa Dajjal dalam Al-Qur’an tidak disebutkan??

Mungkin orang akan bertanya, jika sekiranya Dajjal dan Ya’juj wa-Ma’juj adalah dua sebutan yang berlainan untuk menamakan satu bangsa, mengapa Al-Qur’an anya menyebutkan nama Ya’juj wa-Ma’juj saja, dan tak sekali-kali menyebutkan nama Dajjal? Sebabnya ialah bahwa kata Dajjal, sebagaimana kami terangkan di atas, artinya “pembohong” atau “penipu”, dan tak seorangpun suka disebut pembohong atau penipu, walaupun ia benar-benar seorang pembohong atau penipu yang ulung.

Sebaliknya, oleh karena Ya’juj wa-Ma’juj itu nama suatu bangsa, maka tak seorangpun akan merasa keberatan memakai nama itu. Bahkan sebenarnya, bangsa Inggris sendiri telah memasang patung Ya’juj wa-Ma’juj di depan Guildhall di London. Inilah sebabnya mengapa Al-Qur’an hanya menggunakan nama Ya’juj wa-Ma’juj, dan tak menggunakan nama Dajjal yang artinya pembohong. Sebaliknya, kitab-kitab Hadits menggunakan kata Dajjal, karena nama Dajjal atau Anti Christ, dan ramalan-ramalan yang berhubungan dengan ini, disebutkan dalam Kitab Suci yang sudah-sudah. Oleh karena itu, perlu sekali dijelaskan bagaimana terpenuhinya ramalan-ramalan itu.

Selain itu, kata Dajjal hanya menunjukkan satu aspek persoalan, yakni, kebohongan dan penipuan yang dilakukan oleh bangsa itu, baik mengenai urusan agama, maupun mengenai urusan duniawi. Akan tetapi terlepas dari sifat-sifatnya yang buruk, ada pula segi kebaikannya.

Dipandang dari segi duniawi, kesejahteraan materiil mereka harus dipandang sebagai segi kebaikan mereka. Itulah sebabnya mengapa dalam Hadits digambarkan, bahwa mata Dajjal yang hanya satu, yaitu mata duniawi; gemerlap bagaikan bintang. Al-Our’an juga menerangkan keahlian mereka dalam membuat barang-barang. Jadi julukan Dajjal hanyalah sebagian dari gambaran bangsa itu.

Dalam Al-Qur’an, bangsa-bangsa Kristen disebut “para penghuni Gua dan inskripsi” (18:9). Gambaran ini menggambarkan dua aspek sejarah agama Kristen. “Para penghuni Gua” merupakan gambaran yang tepat bagi kaum Kristen dalam permulaan sejarah mereka karena pada waktu itu ciri khas mereka yang paling menonjol ialah hidup dalam biara. Mereka meninggalkan sama sekali urusan duniawi untuk mengabdikan sepenuhnya dalam urusan agama. Dengan perkataan lain, mereka membuang dunia guna kepentingan agama.

Akan tetapi pada zaman akhir, mereka digambarkan sebagai “Bangsa Inskripsi (ar-raqimi)”. Kata raqmun artinya barang yang ditulis. Kata ini khusus digunakan bagi harga yang ditulis pada barang-barang dagangan, seperti pakaian dan sebagainya. Gambaran ini mengandung arti penyerapan mereka yang amat dalam, dalam urusan duniawi, fakta ini diuraikan dalam Al-Qur’an sbb: “Orang-orang yang usahanya menderita rugi dalam kehidupan dunia ini” (18:104).

Jadi, bangsa Kristen yang pada permulaan sejarah mereka membuang dunia untuk kepentingan agama, tetapi pada zaman akhir, mereka membuang agama untuk kepentingan dunia; oleh sebab itu, mereka dikatakan dalam Al-Qur’an sebagai “salah satu pertanda Kami yang mengagumkan” (18:9). Sabda Al-Qur’an tersebut di atas adalah gambaran yang tepat tentang kecondongan mereka kepada kebendaan. Oleh karena dalam urusan duniawi, mereka lebih maju dari bangsa-bangsa lain, maka bangsa lain itu mengikuti mereka secara membuta-tuli, karena terpikat oleh keuntungan-keuntungan duniawi yang dijamin oleh mereka.

Jadi, bangsa-bangsa Kristen menyesatkan bangsa-bangsa lain di dunia, bukan saja dengan pengertian yang salah tentang Putra Allah dan Penebusan dosa, melainkan pula dengan cita-cita mengejar-ngejar kebendaan secara membuta-tuli, dengan mengabaikan sama sekali nilai-nilai hidup yang lebih tinggi. Oleh karena itu, dalam Hadits, mereka diberi nama Dajjal, atau penipu ulung.

37. Ahmad dojjol - 30 December, 2009

Susah mencari kebenaran yg sesungguhnya didunia ini,kecuali melalu ayat2 suci AL-Qur’an.

38. Teddy - 31 December, 2009

Kata Dajjal tak tertera dalam Al-Qur’an, tetapi dalam Hadits sahih diterangkan, bahwa sepuluh ayat pertama dan sepuluh ayat terakhir dari surat al-Kahfi melindungi orang dari fitnahnya Dajjal, jadi menurut Hadits ini, Al-Quran memberi isyarat siapakah Dajjal itu. Mengenai hal ini diterangkan dalam Kitab Hadits yang amat sahih sebagai berikut:

“Barang siapa hafal sepuluh ayat pertama Surat Al-Kahfi, ia akan selamat dari
(fitnahnya) Dajjal.”

“Barang siapa membaca sepuluh ayat terakhir dari surat Al-Kahfi, ia akan selamat dari (fitnahnya) Dajjal.”

Boleh jadi, dalam menyebut sepuluh ayat pertama dan sepuluh ayat terakhir, itu yang dituju ialah seluruh surat Al-Kahfi yang melukiskan ancaman Nasrani yang beraspek dua, yang satu bersifat keagamaan, dan yang lain bersifat keduniaan. Bacalah sepuluh ayat pertama dan sepuluh ayat terakhir surat Al-Kahfi, anda akan melihat seterang-terangnya bahwa yang dibicarakan dalam dua tempat itu adalah ummat Nasrani.

Mula-mula diuraikan aspek keagamaan, yang dalam waktu itu Nabi Muhammad dikatakan sebagai orang yang memberi peringatan umum kepada sekalian manusia (ayat 2), lalu dikatakan sebagai orang yang memberi peringatan khusus kepada ummat Nasrani (ayat 4), yaitu ummat yang berkata bahwa Allah memungut Anak laki-laki. Demikianlah bunyinya:

“Segala puji kepunyaan Allah Yang menurunkan Kitab kepada hamba-Nya …, … agar ia memberi peringatan tentang siksaan yang dahsyat dari Dia… dan ia memperingatkan orang-orang yang berkata bahwa Allah memungut anak laki-laki.” (18:1-4).

Terang sekali bahwa yang dituju oleh ayat tersebut ialah ummat Nasrani, yang ajaran pokok agamanya ialah Tuhan mempunyai Anak laki-laki. Dalam sepuluh ayat terakhir surat Al-Kahfi diuraikan seterang-terangnya, bahwa ummat Nasrani mencapai hasil gemilang di lapangan duniawi. Demikianlah bunyinya :

“Apakah orang-orang kafir mengira bahwa mereka dapat mengambil hamba-Ku sebagai pelindung selain Aku?… Katakan Apakah Kami beritahukan kepada kamu orang-orang yang paling rugi perbuatannya? (Yaitu) orang yang tersesat jalannya dalam kehidupan dunia, dan mereka mengira bahwa mereka adalah orang yang mempunyai keahlian dalam membuat barang-barang.” (18: 102-104).

39. jujua - 5 January, 2010

udh jgn brantem cmw..g da gunax taoek..!mendg prbaikn tu amal2 n ibdah qt bwt tbungan akh!rat ntr..

40. Putra dewa - 15 January, 2010

Tetaplah dgn ISLAM,mlawan dajjal,,saat itulah kta buktikan bhwa kita adl umat RASULULLAH,,,,

41. adex - 15 January, 2010

Dajjal…
Aku berdo’a pd ALLAH.S.W.T supaya aku nggak sampe massa datangnya dajjal.
YA RABB, LINDUNGILAH AKU DARI DAJJAL. RABB, PASRAH KU PADA MU. Amin…

Islam - 23 January, 2010

Alah Org krist ???? Gk jelas? tuhannya sapa

42. Reynold - 25 February, 2010

Dajjal akan hidup selama 40 hari. 1 hari = 1 tahun (1000 thn), 1 hari = 1 bulan (+- 84 thn), 1 hari = 1 minggu (+- 21 thn), dan hari2 lain sama seperti manusia.
Dalam buku “The Diary of Dajjal”, Dajjal telah memerintah suatu negara di Eropa selama 1000 thn (dari tahun 900an) dan mata uang negara tersebut menjadi mata uang internasional. Sejak thn 1917, Dajal berpindah ke sebuah negara adidaya dan mata uang negara tersebut menjadi mata uang internasional. Jadi, dalam waktu dekat Dajjal akan berpindah ke sebuah negara lain.
Makanya hati2, Dajjal akan segera muncul Insya Allah akan diperangi Imam Mahdi as dan Nabi Isa as.

43. Kucrit - 8 March, 2010

Pokona mah… HIDUP PERSIB..!! PERSIB Yes..!! DAJJAL No..!! PERSIB Nu aink.. Dajjal.. Ku aink.. DiGebred siah..!!

44. Ulat bulu - 23 March, 2010

Gusti Allah nyuwun ngapuro!!!….

Bsa byangin g,klo smua orang yg nulis komentar disatuin??????… SERU KALEEE!!xixixixi

@hahhaha,bkal disebu abis2n

45. ade cute - 27 March, 2010

YA ALLAH….ku mohon lindungilah keluarga ku dari gangguan syetan yang terkutuk………..
selamatkan kami di dunia dan di akhirat nanti

kami adalah umat mu dan pengikut rasul mu….

46. adi purnomo - 10 April, 2010

Tingkatkan kepercayaan kepada Allah swt,,
Dan yakin bahwa Allah akan melindungi hambanya yang beriman,,

47. Seyno - 3 May, 2010

Woy. . .To:hahha.Apa mksd lo.,.Anjing bgt lo.,,Klo lo g tau g usah ngjlekin agama islam,,,anjing bgt sihk lo,..Setan lo emg.,,agama lo cool krn g tau apa” kali,..Anjing bgt lo.,,

48. yantoo - 9 May, 2010

biar dajjal tetep terbelenggu, sholatnya yg rajin, sblm salam, minta perlindungan darì 3 hal. ngerti kan ?

49. All: yg pstix pgkut agma nasrani dmusnah kan saat dajjal dtg.. Krna ini hnya ursan umat islam mlwan umat yahudi.. - 13 May, 2010

No coment

50. riyan - 14 May, 2010

wahai nasrani dan yahudi,sesat lah kalian,neraka menantimu dan kekallah didalam neraka selamax,allah hanya meridhoi agama islam,agamamu sudah banyak campur tangan manusia,,

51. Tri murdani - 21 May, 2010

Wah, td ada ceramah distasiun tv yg menceritakan tentang Dajjal, dan isinya banyak yang sama. . . . .
Dajjal memfitnah, . . . .
Dajjal punya surga yg merupakan neraka Allah.swt, neraka yg merupakan surga Allah. Swt,. . . . .
Dajjal tidak bisa merusak makkah dan madinah karena dilindungi malaikat, . . . .
Dajjal menguji umat islam,. . . . . .
Dajjal mempunyai tipu muslihat yg hebat yaitu dapat menampakan kedua orng tua qt yg tlah meninggal untuk menghasut kita agar mengikuti dajjal. . . . .

Dan bagi yg coment asal2an, kenapa kalian gitu, maksud yg pnya blog bgus karna ingin membagi ilmu, tp kenapa kalian mencaci. . . . Kalau emang gak percaya dajjal ngapain juga cari di mbah google dgn keyword dajjal. . . . . .

52. Abrar apa adanya - 25 May, 2010

Sholat..sholat..sholatt yoo..

53. Ardiansyah - 27 May, 2010

saya cuman mau bertanya.?
ketika dajjal datang dan membuat kesesatan apa yang terjadi pada manusia yang telah mininggal dunia.?

54. Layla - 27 May, 2010

Kesel bgt ma yg namax hahah td,dasar org kafir mana ngerti soal dajjal, kitab dy ga bnr.masa tuhannya lahir di kandang domba?masa yg disembah2 d greja2 kan patung nabi isa smw..ada pengakuan dosa sgala,di islam yg ngmpunin dosa umatx y cm ALLAH SWT bkn manusia.mendingan klo g ngerti g ush komen sgala,pcuma nrangin m org goblok n pghuni neraka..cm islam agama yg plg bnr,alhamdulillah aq dilahirn sbgmuslim.allahu akbar

55. Dhela - 28 May, 2010

subhanallah……
aku tag tobat ahh……

ya allah lindungi aku dari dajjal….

56. Ari - 28 May, 2010

Dalam alQURAN sdh jelas2 bhwa nabi isa akan dtg memerangi dajjal dan mmatahkan salib.jd bgi yg mnyembah salib brtoubatlh skrg.krna nanti smua makluk akan dprsatukan dbwh 1 bendera yaitu agama islam.smua agama memang mgajarkan yg baik2,tp agama yg bnr2 diridhoi adlh islam.ya Alloh ampunilah dosa2 kami.

57. galih - 29 May, 2010

sekarang dah ada tandanay….
di israel telah lahir anak dengan mata satu…
mungkin jgga itu dajjal… karna nabi menjelaskan bahwa kiamat sudah sangat dekat yaitu jarak antara jari telunjuk dan jari tengah…
mnrut buku yang saya baca tanda kaiamat diantaranya sbb:
1. terjadinya perang antara kaum islam dgn kaum yahudi dmna islam klah dan lahir IMAM MAHDI sbg kalifah islam…
2. muncuil dajjal sbgi penghalang imam mahdi
3. diturunkanya nabi ISA A.S oleh ALLAH S.W.T untuk mengalahkan dajjal dan menghancurkan salip2
4. munculnya kaum ya’jud dan ma’jud
5. munculnya tentara Habsyi yang menghancurkan Ka’bah…
6.munculnya hewan yang berbicara sebagian orang takut dan sebagian orang tidak takut bagi yang memiliki iman yang kuat
7.terjadi malam yang sangat panjang,, dmna semua mahluk menagis..
8. matahari terbit dari barat… dan bumi akan diratakan dengan sangkakala malaikat izrofil dengan 3 tiupan…
dan terjadilah..

58. suhang - 3 June, 2010

kita sebagai orang islam harus sabar menghadapi semua cacian orang kafir….
kita umat manusia mempunyai kepercayaan sendiri….
apa agama atau kepercayaan yg kita anut mengajarkan hal hal buruk seperti menghina atau merendahkan agama lain….?
bagi yang muslim tolong sabar ya….
rasulullah mengajarkan kita tentang berbuat baik….
kalau ada orang yang jahat pada kita seorang muslim….kita gak boleh balas kejahatan dengan kejahatan….
biar dia sadar sendiri…

59. suhang - 3 June, 2010

hai

60. Joyo - 4 June, 2010

Saudara2ku biarlah yg sesat tetap sesat . Contohnya si haha itu. Mari org2 muslim tingkatkan iman. Mgkn si haha pengin nantangin SEMANGAT JIHAD muslim. Wis atos tenan NDASMU HA??

61. eryck - 14 June, 2010

gua g ngrt ap yg d omongin , tp gua kan cari tau , sampai akhir nya memahami

62. Mujahiddin - 16 June, 2010

Innalillahi wainnailaihi raji’un

63. Herlan - 18 June, 2010

Dajjal itu kpanjangannya Masihid Dajjal Lahir dr kluarga Yahudi profesi sebarin Fitnah misi perangi umat Islam bakal mati di tgn nabi Isa As dg m’hancurkan salib & m’bantai babi2, yg stuju dg ini jd muslim musuh dajjal kalo kesinggung dg ini brarti tmen Dajjal.

64. abr - 29 June, 2010

d jman skrg mmg sdh nmpk tnd2 dtg a dajjal,ttpi qt g blh trpgrh am tpu dya djal tsbt…qt hrus trz brsha mngktkn iman dn taqwa,krn skrg qt alhmdulillah msh brda d agma islam yaitu agm yg mndptkn rahmatan lil alamin. . .n sllu tgktkn tahlil,takbir,zkir,dll yg tjuan a utk mmprerat hbgn hablum minallah..
Dn jgn lpa pla qt brslwt k ats pgkuan nbi bsr qt,yaitu Muhammad s.a.w bsrt al dn shbt bliau,insya allah qt d lndgi olh allah. . .amin y rabbal alamin

65. Anton - 30 June, 2010

“Orang yahudi dan nasrani tidak akan senang kepadamu ( Muhammad ) sehingga kamu mengikuti agama mereka”

66. datang tak diundang - 6 July, 2010

kate siape klo tu dajjal,,???? gue kagak percaye

67. Candra - 11 July, 2010

Ya sy sebgai muslim percaya dng neraka dan surga dan ajaran Allah SWT berikan KEPADA nabi Muhammad,apapun itu kita wajib bertobat kita tidak luput dari salah dan dosa.

68. Amrul - 18 July, 2010

…?

69. Vian - 9 August, 2010

Dh lah kt jngn trlalu pz!ng2 mkrin dajjal, lbh baik kt mmprtebalkan iman kta kpd ALLAH SWT krn kiamat kn sdh dkat

70. ferry - 16 August, 2010

aq brharap, sampai dajjal nyatakan perang, aku ada dibarisan depan
tentara pejuang sekaligus mujahidin Al Imam Mahdi ( RA & AS )
amiiinn

71. ferry - 16 August, 2010

ALLAHU AKBAR… ALLAHU AKBAR

maju terus…
hancurkan pasukan Dajjal
Israel dan Yahudi2lainnya

72. ferry - 16 August, 2010

” jika Dajjal datang, larilah ke tengah kota Makkah
… dan jika rumahmu bukan di Makkah, larilah ke puncak2 bukit…”

73. FENZA - 16 August, 2010

…..allah hu akbarrr…………allah hu akbarrr…………allah hu akbarrr…….

74. putra - 17 August, 2010

allahu akbar !!!

75. ade - 21 August, 2010

emangnya dajjal sekarang udah ada di dunia ini?tinggalnya dimana?
apa kita harus menjawab memilih neraka dengan surga. kan katanya di situ neraka adalah surga.dan surga adalah neraka?
mohon dijawab..!

76. Semua Agama - 24 August, 2010

.perasaan cuma tulisan yg menceritakan opini tentang Dajjal…
.kenapa juga harus saling caci maki…??
.saling menghina Agama..??
.kalian g’ ngrti yaa makna “KITA SEMUA BERSAUDARA”…??

.dalam sejarah, dulu kita diajarkan tentang paham/ajaran Animisme dan Dinamisme (bagi yg dulu pernah sekolah)…
.Animisme : Ajaran yg mengajarkan tentang menyembah hal-hal seperti Roh dan hal Ghaib, dsb.
.Dinamisme : Ajaran yg mengajarkan tentang menyembah benda-benda mati (batu, patung, pohon, tulisan, dsb.)

.jika Muslim menyembah Allah SWT dan Kristiani menyembah Tuhan Yésus, lalu mengapa para kaum Muslim menyembah bangunan/batu (Mekkah yg ddalamnya terdapat batu melayang dan diatasnya terdapat Salib orang Kristiani) dan tulisan…??
.lalu mengapa para kaum Kristiani menyembah patung Tuhan…??

.kalian semua menjelékan Agama masing-masing..mengagungkan Agama masing-masing..

.sebetulnya, apakah kalian paham betul tentang Agama atau hanya sekedar bilang…saya berAgama “KRISTEN, KHATOLIK, MUSLIM, HINDU, BUDHA, THIONGKOK, Dll”…….?????

77. Puput - 24 August, 2010

Ahak2,lucu ah pada ngelawak y?

78. leoskluat - 25 August, 2010

dajjal tu sdh ada ji zaman ini,menurut kriteria yg digambarkan Rasulullah, contoh nyata di suatu daerah,begini ceritanya: masuklah sebuah Lsm dengan program menyalurkan bantuan sarana,prasarana dan pelatihan2,sehingga masyarakat merasa terbantu dengan program tsb.setelah berjalan beberapa tahun,mulailah tampak belangnya, dengan menyebarkan buku khotbah dengan judul :BENCANA BUKAN TAKDIR. memang dari penampilan kulitnya sangat islami, namun jika dibaca isinya jelas2 merupakan usaha penyesatan .ingin tahu apa nama LSM tsb? Yaitu ”JRS”.pesan saya bagi sesama muslim,waspadalah2, JRS antek DAJJAL.

79. Fvp Pedd - 7 September, 2010

Ass, animisme(keprcyan bhw roh,itu tdk hanya berd pd maklk hdp.Tetp jg pd beda2 tertentu) dan dinamisme(kprcyan adya kekuatan goib,pd benda2 tetentu),km umt islm tak perna menggunakan benda dalam sholat.Dan km umt muslim,tedk meyembah kahba,km cm menjlnkan rukun islam,itupun bg yg mamfu,untk kenapa km sholat menghdp kabah,karena itulah kiblat km.

80. Cah bagus - 11 September, 2010

Astaghfirullahalazdim…
Bagi semuany aja zaw.. Tiada agama yg paling bner kcuali agma Islam, Semua Rasul yg d utus oleh Allah tu bner, mreka mmbwa ajaran2 Allah, namun Allah tlah mengutus Muhammad SAW utk mnyempurnakan agama2 lain yg sblumnya d bwa oleh nabi2 sblumnya, jd qta yaqin bahwa Islam lah 1,1nya agama yg kelak mndpat ridho Allah. . Dajjal tu dah d taqdirkan Allah utk mnysatkn umat manusia d saat manusia rentan trhdp kmewahan, dan pasti akan datang kelak. .
Oke??? Udah dech yg non islam sbaikny bertaubat ja. .

81. I am - 13 September, 2010

Numpang lewat… Salah satu tanda2 kemunculn dajjal adlh d kala umat islam sudah tdk menyakini bahwa dajjal itu akan ada/muncul.

82. cah blerong - 2 October, 2010

Allah…..HU AHKBAAARR…!!!!
WALILAAAAA HIL KHAMM…..

83. PENDEEL BIN SULIMAN - 2 October, 2010

WAHAI ORANG ISLAM…
BERSHLATLAH SBLUM KM DI SHOLATI

ISLAM YEEZZ….!!!!

84. puspita.anggraini - 15 October, 2010

ya allah saya gak mau jadi umat
nya dajjal saya,tidak ingin menjadi kafir sya ingin menyembah mu ya allah.
bagi yang tidak mau ketemu dajjal sebaiknya tinggalah di tempat terpencil…
mudah-mudahan allah melindungi kita
AMIEN…….

85. nina_y96 - 14 December, 2010

ya ALLAH tetapkan kan lah imanku! aq gak bz ngebayangin klau slama aq hdup bz ktmu dajjal serem!!

86. Didin - 18 December, 2010

Kmis kmarin ak ptus asa ma Allah yg gk kjung nolong, ak inget2 ktae karl maxx lw bkan Tuhan yg nyiptain mnusia tp sbelike, tp gk smp mbenerin. W lgs kpeleset (gk tau karena musime org kepeleset tw apa) dan kjedok, subahanallah ampuni ak ya Allah

87. Didin - 19 December, 2010

Tuhan itu ada..

88. Tatu - 23 December, 2010

Perbanyaklah ibadah k pd Allah. B’cause “just Allah SWT is our god”

89. ris - 31 December, 2010

asthofirlohhaladziim…

90. adiputra (pcbdaily blog) - 14 January, 2011

Dhajal kalau mengikut hadis nabi kini sudah ada merata dimuka bumi.tapi dhajal yang sebenar di ikat oleh Nabi sulaiman di sebuah pulau yang tidak di ketahui oleh manusia.dengan izin Allah dia akan keluar setelah hampir kiamat.

91. tetty - 25 January, 2011

sy setuju dgn sekh baba..setuju x agar dia cpt mati..

92. abah eman - 25 January, 2011

Allah akan menguji iman kita,dgn hadirnya sekh baba yg menjelma sbg dajjal. mampukah kt mpertahankan Aqidah dn ke Imanan kt

93. NewnanK - 19 February, 2011

Intinya kita laksanakan apa yang tercantum dalam al-qura’an, karna itu adalah petunjuk d bumi…

94. bear ceria - 21 February, 2011

dajal….??orang kafir

95. navarian - 23 February, 2011

menurut saya DAJAL, adalah kiasan yang harus kita mengerti sekarang,DAJAL adalah orang orang yang sudah berpaling dari agama Allah dan ingin menghacurkan ISLAM

96. des - 25 February, 2011

Jangan saling menyalahkan..jangan saling menghina agama orang lain..
Semoga kita selalu dijalan-Nya …
Amiin Ya Allah ….

97. Masduki putu - 1 March, 2011

Waw, !
Nech ilmu bnget ,
bgi yg maw memahami. !
Dan bgi orang yg ga mau memahami. ! Dya slalu meremeh khan. ” dajjal dan beranggapan bwh dajjal ithu tdak ada ”
ithu berarti orang2x yg ga mau nurutin kata2x nabi nya , !

Berarti ithu orank kafir,

98. insan pembelajar - 5 March, 2011

assalamu’alaikum wr wb

analisa munculnya dajjal dan munculnya imam mahdi

( just my thinking )

kalau menurut dugaan saya, dajjal itu lebih merupakan sebuah gambaran keadaan, jadi menurut pandangan saya, perwujudan dajjal lebih merupakan orang ( penguasa ) yang ada dibalik kekuasaan otoritas keuangan dan lembaga-lembaga tinngi dunia yang memiliki faham ( ideology ) bahwa dunia ini hanya bisa dikuasai dan dikendalikan dan diatur dan diobok-obok dengan mudah, hanya dengan ( satu mata ) uang ( us dollar ), karena hanya dialah yang dapat melakukan apa saja seperti apa yang digambarkan sebagai dajjal dan dia adalah seorang yahudi musyrik yang pengikutnya adalah orang-orang yahudi musyrik, kristen musyrik, islam musyrik dan agama-agama lain yang musyrik juga, yang menurut hemat saya sa’at ini mereka sudah berhasil menggenggam dunia, dan sebenarnya dajjal ini keberadaanya sudah ada.

Dengan memahami kondisi ini, saya berpendapat bahwa hanyalah umat islam, umat kristen dan umat yahudi yang masih sadar bahwa ketiganya merupakan agama dengan satu garis ketuhanan yang sama dan masih ta’at menjalankan activitas ( ibadah ) spiritual maupun aktivitas ( ibadah ) sosial yang nyata ( real social action ) sesuai syariat allah ( syariat islam ) yang dapat mengallahkan ( menumpas ) dominasi keberadaan dajjal, yang kemudian digambarkan sebagai kemunculan imam mahdi yang kemudian dibantu oleh nabi isa.

pertanyaanya kenapa dengan gambaran kondisi dunia yang sudah ada sepenuhnya dalam genggaman kaum dajjal ini, imam mahdi dan nabi isa belum muncul juga ?

jawabannya sangat sederhana, karena ketiga umat satu garis ketuhanan ini, diakui atau tidak, hanya memahami dan melaksanakan syariat ( perintah ) allah hanya sebatas dalam kontek aktivitas ( ibadah ) spiritual saja, justru dalam kontek aktivitas ( ibadah ) sosial yang nyata ( real sosial action ) dengan domain ( jangkauan ) yang sangat luas ( meliputi segala bidang urusan ) belum sesuai dengan syariat ( perintah ) allah, setelah sekian lama dunia ini diganti dan diatur dengan syariat penjajah ( syariat dajjal ).

saya sangat yakin bahwa ketiga umat yang masih mengaku ta’at kepada allah, hingga kini masih kehilangan pemahaman terhadap kerangka kerja system pertolongan allah ( syariat allah atau syariat islam ), sehingga seperti bisa kita saksikan bersama ketiga umat yang masih mengaku ta’at kepada allah hingga kini masih belum mampu bangkit kembali.

sebagai umat islam saya mengajak saudara-saudaraku umat islam :

pertama, membacalah al qur’an dan hadist dengan lebih teliti lagi ( jangan letter lect atau jangan yang tertulis saja ) dengan demikian saya yakin anda mampu menarik prinsip-prinsipnya dengan baik dan benar.

kedua, amati fenomena kemajuaan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang telah dikemas menjadi sebuah system management ( tarik prinsip-prisipnya ) yang banyak digunakan negara-negara paling produktive dan paling maju didunia ( jangan ambil ideologinya )

ketiga, bandingkan system ( prinsip-prinsip ) management mereka dengan system ( prinsip-prinsip ) islam ( syariat islam ) yang kata al qur’an dapat digunakan untuk mengatur ( memanage ) segala ( bidang ) urusan ( bisnis ), dengan demikian anda akan segera mampu memahami kembali kerangka kerja system islam ( syariat islam atau system pertolongan allah )

keempat, bila anda punya bisnis implemtasikan didalam bisnis anda ( apapun bisnis anda dan apapun organisasi anda )secara nyata, bila anda pejabat implementasikan di organisasi yang anda pimpin secara nyata, insyaallah apabila apa yang anda lalukan telah sesuai dengan perintah ( syariat ) allah, berarti anda telah menolong agama allah dengan baik dan benar, yang pastinya allah kemudian akan menolong anda dan allah akan semakin meneguhkan kekuasaan anda dimuka bumi.

kelima, mungkin andalah salah satu ( roh ) imam mahdi yang menjelma dalam diri anda yang banyak disebut-sebut dan ditunggu-tunggu itu umat manusia sejagat itu, dan kesuksesan anda akan menjadi sebuah daya tarik yang berskala akbar, sehingga banyak umat lain tertarik dengan sendirinya dan berbondong-bondong mengadopsi syariat islam ( masuk agama islam ) yang dipelopori oleh nabi isa as ( mungkinkah roh nabi isa as itu juga anda salah satunya saudara kita dari agama kristen )

walahu alam

mohon ma’af mungin komen yang lebih condong pada analisis kampungan ini, tidak lain tujuan hanya untuk memotivasi kita semua ( umat islam ) agar kita semua bisa segera bangkit dari tidur panjang yang semakin tidak nyenyak ( very long pause power ) dan lebih mengutamakan berjuang untuk masa depan islam dan masa depan kita semua.

wassalamu’alaikum wr wb

99. cukup abi aja - 11 March, 2011

yg coment jangan sotoy kalo ga ngerti,benahi aja hidup lo masing2 biar pada bener.hidup-mati,susah-senang dah ada yg ngatur.kita tinggal usaha sambil usoli spy semua kerja keras kita diterima dan halal dan menjadi rizki yg berkah bg keluarga dan anak cucu kita.

100. sadar - 11 April, 2011

benahi pertanyaan anda semua jka kalian cma cek-cok sja..berpikirlah dewasa..beda pendapat itu biasa..jdikan perbedaan pendapat itu mjadi satu kesatuan bt menghalangi dajjal..jgn jdi dajjal semkin dekat dgn qt..perangi dajjal!!!ayo qt bersatu muslim non muslim yg percya akan datangnya dajjal..perangi dajjal!!!

101. bismillah - 13 April, 2011

Wahai sahabat-sahabatku, sadarlah akan sesuatu. Dunia ini sedang dihipnotis oleh hal-hal yang luar biasa yang ‘mungkin’ kalian tidak menyadari sama sekali apa yang sedang terjadi sampai sekarang. Yahudi, kristen, dan islam adalah agama langit yang mempunyai kaitannya sangat erat dengan ibrahim dan saya yakin ketiga agama itu percaya bahwa mereka keturunan adam. Gali terus lebih dalam apa yang kalian ingin ketahui. Ini hal yang serius! Sesungguhnya peperangan yang sebenarnya adalah antara kebaikan/kebenaran melawan kejahatan. Mungkin hanya sedikit dari pembaca yang mengerti maksud pesan ini. Carilah kebenaran sejati yang akan membawakan manusia pada kebahagiaan abadi (surga). Tolong dipikir lebih luas lagi arti dari kebaikan maupun kejahatan yang saya ketik di atas. Mungkin jika ada beberapa dari kalian yang menangkap maksud sebenarnya dari pesan ini akan bertanya seperti,”bagaimana dengan agama selain yahudi,kristen,dan islam yang tidak sealiran seperti agama-agama tersebut seperti budha,hindu,dan lain sebagainya?” Pertanyaan itu hanya akan bisa dijawab jikalau kalian memang benar-benar ingin menggali lebih dalam tentang pengetahuan,sejarah,opini,fakta, dan lain sebagainya dari berbagai sumber yang setuju bahwa manusia sedang dimanipulasi oleh hal-hal aneh dan jahat. Kita adalah calon korban dari hipnotis tersebut. Bahkan banyak sekali yang sudah menjadi korbannya. Politik,ekonomi,teknologi,media,dunia hiburan,musik,keberagaman suku bangsa, dan masih banyak lagi perantara dari hipnotis tersebut yang akan terus mempengaruhi kita dari pengaruh jahat. Jika kalian berpihak pada kebenaran, maka kalian cepat atau lambat akan mengetahui dan menyadari apa yang sedang terjadi di dunia ini. Ada yang tidak beres dalam dunia ini. Saya sangat ingin sekali menjelaskan dengan detail maksud dari pesan ini, tetapi akan memakan waktu yang sangat panjang bila saya ketik semuanya. Saya hanya bisa share sampai disini saja, dan saya percaya bahwa kalian akan memihak kepada kebenaran. Terus pelajari apa yang kalian ingin ketahui. Insya Allah maka kalian akan ditunjukkan kepada jalan yang lurus dan benar oleh-Nya. Amin!

Saran dari penulis:
– Baca Al-qur’an, bila tidak mengerti bahasa arab cari yang sudah ada terjemahannya. Lalu pelajari juga sejarah dunia dari zaman nabi adam sampai sekarang *(cari yang terdetail).

* Mungkin jarang sekali yang sangat akurat tetapi kemungkinan anda sekalian bisa mengerti.

102. Ibnu Syarif Hidayat - 18 April, 2011

Yang pasti kita harus siap dalam menghadapi fitnah dajjal. Karena fitnah dajjal adalah sebarat2 fitnah pada saat itu. Karenanya kita selau diperintahkan untuk berdoa Allahumma inni audzubiba min adzaabi jahannam wa min ‘adzaabil qabri wa min fitnatil mahyaa wa mamaati wamin syarri fitnatil masiihiddajjaal. Salam kenal dari untuk pemilik blog ini. Tetap berjuang karena Allah.

103. akrani dizya - 25 April, 2011

ketika saya membaca tentang saya,saya berpikir dadjal itu betul beul kejam

104. Irfhan - 25 April, 2011

Dajjal pasti akan datang
dan sekarang,di negara ini telah terjadi revolusi untuk menyebarkan ajaran2 sesat (yahudi),,,
mao tahu??
coba anda liat salah satu musisi di indonesia (dewa 19)…# ahmad dhani#,,,

“na’udzubillah min dzalik”

105. i love islam - 2 May, 2011

astagfirulloh, tlng ampunilah dosa dosa dan dosa dosa keluarga ku ya allah ..

buat yg comment nya g bnr, “jangan sirik dong sama agama islam,agama mu agama mu, agama ku agama ku..” kita damai aja y lah , !

106. wan - 4 May, 2011

assalamu’alaikum..

marilah kita tanggapi berbagai hal di dunia ini dengan bijak. apapun itu..

107. Dedie andreas - 13 May, 2011

Wahai semua org ingat lah dunia ini hanya semata.dan kt masih ada dunia k 2.yaitu alam menghadapi alam bahca.dimana waktu berputar terus gak ada hentix.bayangkan kalau kt d siksa d neraka gak henti2.
Segeralah bertobat.karna kenik matan dunia hanya sekejap

108. lieur - 16 May, 2011

mama sedang dikantor polisi, cepet kirim pulsa ke nomr baru mama 62852123456789.penting.

109. ahmad - 29 May, 2011

semua nabi tu gk ada yg bohong krn pny sft ma’sum, kl nabi Muhammad swa dh prnah bilang tntng adanya dajjal yaaa gk ush d sangkal2, klw gk prcy brrt gk prcya ma nabi,klw dh bgt adanya ya dh gk smpurna iman lagi dh. FAFIRRUU ILALLOH.

110. Hasby Ashidiqy - 4 June, 2011

Astagpirullah

111. Kumprung - 5 June, 2011

terkutuklah kau dajjal… dia akan ditombak oleh nabi isa yang turun kembali ke bumi…

ya alloh ampunilah dosa2 hambamu ini, terimalah taubatku, bimbinglah hambamu ini agar selalu hidup dijalan yang engkau ridhoi… amieen

112. cha - 22 June, 2011

Dajjal itu subuah teori yang telah d gambarkan….teori antara tekhnology dan religi…jika dr awal manusia tau tentang dajjal maka dy tdk akan sukses menyesatkan manusia…suksesnya dajjal untuk meyesatkan manusia karna kita tdk pernah tau seperti apa, berwujud apa, berasal dr mana si mata satu itu.

113. Muliana - 4 July, 2011

Allah,tuhan,siapa yg ngasi nama kan manusia.allah tuhan ,kan katax buku alqran,injil, juga ciptaan manusia,nabi juga manusia biasa,kok km semua bertengkar,semua manusia bisa jadi nabi kok,contoh perilaku sejarah para nabi2,pasti km menikmati surga klw mencontoh perilaku nabi

Ratna Nugraha - 22 September, 2011

idiiiiiiiiiiiih, al Quran BUKAN CIPTAA MANUSIA tapi itu FIRMAN ALLAH, tahu?!

114. Muliana - 4 July, 2011

Semua agama bagiku benar,yg salah tu manusiax.kata orang islam nasrani tu kafir,kata orang nasrani islam tu kafir,skr enakx perbaiki perilaku masing2,tiru perilaku nabi km masing,pasti jadi orang yg benar,dan g akan saling yg terbaik,wong setahuku nabi2 kalian semua perilakux baik2,mari sama2 memperbaiki dunia ini tanpa ada rasis+anarky.salam

115. cah ngaret - 9 July, 2011

assalamu’alaikum,,, mator suwon buat yg nulis artikel ini dan yg koment,,,
siiiip banget pak pnls,, wskm…

116. islam forever - 26 July, 2011

askum…
Saudaraku umat islam, kalian jgn terpancing dg membalas olok2an umat lain..
Krna sifat itu adalah sifat mancing emosi , dan kalian tau kan klw dajjal tujuan utamanya adalah merusak umat islam , jd kita sbg umat Islam , gak prlu trpancin surganya umat lain itu..
Karna maksiat dan kata pengadu domba adalah surga bagi mereka, dan itu mrupakan neraka bagi kita…
Jd biarkan saja ,..,..,
oke sob !!
..Diamlah maka Selamat..

Ratna Nugraha - 22 September, 2011

betuuuuuuuuuuuuuuul, thanks islam forever

117. pembasmi serangga - 26 July, 2011

heleeeehhh…pada ngawur semua..islam gak usah menghakimilah..gak usah sok yg paling benar,sok paling lengkap kitabnya,kalian semua itu dajjal nya..mana ada agama yg membolehkan memotong leher sesamanya,bakar t4 ibadah orang…sok kalian!!sombong!!!rendah hatilah kalian…

Assalamualaikum…waalaikum gambreng

118. cah ngaret - 2 August, 2011

astaghfirullaah,,,

119. pembasmi serangga ''BRENGSEK'' - 2 August, 2011

semoga ALLAH SWT mengampuni anda yg telah mengucap salam yang salah,,

120. muslimin - 3 August, 2011

sesunggunya janganlah kita terlalu takut kepada dajjal
yg perlu kita takuti adalah ALLAH semata, , karna dialah penciptanya

121. ciptaan ALLAH - 6 August, 2011

dari smua orang non muslim yg comment d artikel ini, cuma A.K.A ”nasrani human” yg mengerti maksud dari smua penjelasan yg d jelaskan d atas, sya ucapkan trima kasih smoga anda d tuntun oleh Allah SWT k jalan yg benar, nd yg lainnya tolong d d resapi sebelum mengutarakan, nd beberapa umat muslim yg lainnya tanpa sadar tlah terkena tipuan dajjal oleh orang” yg asal comment, emosi nd ksabaran kalian sdang d test, nd sisanya trimakasih telah memberi pengetahuan, smoga kalian smua tetap brada d jalan ALLAH SWT . .

122. pembasmi serangga - 7 August, 2011

selalu menganggap diri benar..kasihan kalian

123. sleketep - 9 August, 2011

kenapa ya wajah nabi Muhammad gak ada yang tau?hmm

124. the criticus - 10 August, 2011

askm..
Woii.. Bwat komen.a jgn panjang2.. Capek bca.a.. Wadoo.. For pmbasmi srangga:
trkutuk kaooo.. Horrass!! Medan buung..

Wskm

125. pembasmi serangga - 10 August, 2011

for the criticus…kaooo yang terkutuk + terkutu…cacingan lo ya??

126. the criticus - 21 August, 2011

ehh bodat!! Jgn sok keras kao..
Ku hantam kao nnti..

127. pembasmi serangga - 27 August, 2011

nanti kan…dasar bojog..criticus bangsat,..mulut kau bau darah..yiaaakkss

128. mikho - 29 August, 2011

berdebat pada susuatu yg tdk kalian
dipahami, pait2

129. pembasmi serangga - 1 September, 2011

aisss..ngomong aja masih blepetan,cuci kaki langsung tidur sono

130. Hamba ALLAH SWT - 12 September, 2011

YAA NABI SALAM ‘ALAIKA ..
YAA RASUL SALAM ‘ALAIKA..
YAA HABIB SALAM ‘ALAIKA..
SHOLAWATULLAH ‘ALAIKA…
Aku bersaksi tiada tuhan selain ALLAH
& Aku bersaksi Nabi Muhammad utusan ALLAH

131. cucu adam - 13 September, 2011

capat2 lah tobat sebelum terlambat,sesungguh’a kiamat sudah dekat

132. wnita sholeha - 14 September, 2011

Kan udh jelas di al-qur’an itu ditrangkan bhwa agama yg pling mlia disisi allah swt adalah agama islam (lpa w bnyi ayatnya)
oh ya dgr2 ktanya ahmad dhani itu kturunan yahudi ya???
Ihhh ngeri bgt ya…

133. Kalvin - 16 September, 2011

Tahun ini ja udah kemarau panjang,mungkin tahun 2013 dajjal keluar yaa

134. the criticus - 16 September, 2011

bisa jd..

135. Ratna Nugraha - 22 September, 2011

apa-apa yang diuraikan tentanga dajjal sepertinya sekarang sudah dimulai masa dajjal. gimana pendapat pembaca yang lain?

136. Ratna Nugraha - 22 September, 2011

matanya tertutup sebelah? seperti lambang Yahudi dong?

137. Genthonk - 24 September, 2011

Iya bnr jg ya,,kan sblum dajjal dtg kita tertimpa kemarau 3thun.
Jd Ini tahun prtama.
Arit lan goloke dasahno sek,,siap2 perang mbantai dajjal.
Allahu akbar

138. Jos - 30 September, 2011

Hancurkan Dajal si bajak laut

139. Raki Gaskin - 5 October, 2011

PUNYA TUHAN KOG NYANGKUT DI SALIP
BUGIL PULAK TU ,,
NGGA MALUU EE TOD
NGGA MASOK ANGIN APP
GONDRONG PULAK ,,,
UDA SAMPOAN NGGA PERNAH ANJENG,,,ANJENGG
DI SEMBAHHH PULAK KONTOELL >>>>>> BACA

140. Raudatull jannah, , , - 7 October, 2011

woii, , ,dsar lho pmbasmi srangga, , ,lho ngg xdar pha, , , low bbrapa thun yg llu dha pendeta yg msuk islam, , , n dy mmbuktix ttntang kbnaran islam dy jg mlcehx nasrani, , ,msi blm xdar jga, , ,n bwt syp td yg blng low al-qur’an i2 bwtan tngan mnusia, , , lho pux akal khan ? Lho msi bsa brfikir khan, , ,? Tau mngkin lho i2 hwan yg ngg pux akal, , ,
Al-qur’an i2 firman allah yg d trunx kpda jjungan bsar kmi yai2 baginda bsar muhammad saw, . ,n i2 mlalui prantara malaikat jibril untuk d jdx pdoman hidup bgi slruh umat mnusia d dunia, , ,krna i2 trunx kpda nabi muhammad so psti firman i2 d buku kan, , ,krna bliau tau klo bliau tdak mngkin hidup slmax utuk mngamalkanx kpda slurah umat mnuasia yg dha d dunia, . .tujuan alquran d prbaxk i2 , ,agar bisa d sbar luas kan k slruh plosok dunia shinga smua orang bsa tau bhwasanx agama islam i2 dha n mreka bsa mningkat kan pngethuan, pmhaman,n pngamlan alquran dlm msyrakat yg brbangsa , , ,tp tdk prnah dha sdikit pun prubhan yg trdapat dlm kndungan isi alqur , , ,lho pikir nhe injil yg stiap thunx psti dha prubhan, . .
Pha lho ngg prnah tau, , ,
Low kitab injil yg sbrnar i2 tulisanx arab smua, . ,low lho ngg prcya skrng jg lho bsa ko knjung musium bsar islam yg dha d spanyol, , , ,
Dsar kafir lho, , ,
Dha jlas” ssat msi jha ngotot, , ?

141. myshol_89 - 10 October, 2011

ya allah,klo nyuwun ngputen.katah snget klo dmel dso.sering nglanggar pritah lan lrangMU.mugi2 allah SWT nglndungi,ngpurani doso2 kulo,kluargku lan hmba2mu ya allah.amien ya roball alamien…. Buat rank2 yg sok tau N sok _”apa lah….!!g usah klain sling mnghina..yg pnting kta tngkatkan iman kta.dan yakini apa yg hrs klian ykini.amin smg kt trmsuk rank yg d lndungi allah SWT.Amien

142. EL - 13 October, 2011

Hahahahaha……….
Sampai kapan wahai engkau semua umat muslim membodohi dirimu sendiri, mempercayai dongeng, mistik dan tahayul…??
Dijanjiin mati sahid,langsung ke sorga bertemu bidadari2 perawan yg bisa di kentu….. Rela melakukan bunuh bom bunuh diri….Pernahkah berfikir kalo d akhirat, apakah kita masih mempunyai jasmani danhawa nafsu, karna hawa nafsu itu berasal dr tubuh jasmani..??
Percaya jin dan dedemit itu ad dan bisa memberikan kekayaan….rame2 ke kyai n ustad minta diberikan jin….
Percaya dgn nabi sok tau kalo quran di turunin langsung dr awloh di atas pohon…, langsung percaya aj tanpa meneliti kebenaran cerita nya..tanpa memilah milah
Percaya kalo berhaji itu perintah langsung dr awloh … Rela memberikan uang devisa bagi arab saudi miliaran dollar pertahun, tanpa mengetahui uang devisa yg d dapat dipergunakan untuk ap oleh raja2 dan pejabat arab,, pernahkah berfikir ap yg telah d perbuat orng arab buat kemajuan umat muslim..??
Sampai kapan kalian hidup dalam kebodohan, menumpulkan akal dan budi kalian..?
Skrng kalian semua malah percaya kalo dajjal itu mahluk mistis kturunan jin,,, astafirullah ..!!

143. Ariskha, , , - 20 October, 2011

Hanya milik allah asmaul husna , , ,
Mka b’mhon lah kpadax dngan mnyebut asmaul husna i2, , ,
Dan tnggl x lah orang” yg mnyimpang dri kbnar dlam mnybut nma”x, , ,
Nnti mrka khan mndapatx blsan trhdap pha yg mrka krjax, , ,
(Qs.al-a’raf ayat 180)

Mksudx : nma” Yg agung yg ssuai dngan sifat” allah, , ,
Dan jngan lah d hiraux orang” yg mnyembah allah dngan nma” yg tdk ssuai dngan sifat” n keagungan allah, tau dngan mmakai asmaa-ul husnah, ttapi dngan mksud mnodai nma allah tau mmpergunax asmaa-ul husnah tuk nma” slain allah, , ,

Insya allah saudara” q smua bsa fham mksud dri firman allah t’sbut, , ,

Subahanallah, , ,
Ssungguhx allah mngetahui tntang sgala ssuatu yg d prbwat oleh hambax, , , ,

144. Ariskha, , , - 20 October, 2011

dri pda sdaura”q b’tngkar , , , ,

mnding dngar crita q , , , ,
Insya allah bsa mnghbur hati saudra” q ,wlaupun cma sbntar, tp q harap prtngkaran antra kita sudhan ya, , , ,

Jd bgi critax, , ,

Pda jmam dhulu, , ,
ktika bumi bru trbentuk, , ,

Blum dha air, , ,
Blm dha tmbuhan, , ,
Blm dha gunung, , ,
Blm dha hewan, , , ,
Blm dha mnusia, , ,

Yg psti blm dha pha” lha, , ,

Jd blm dha yg bsa d crita khan, , , , ,

He, , ,he, , ,he, , ,
Ma’af ya, , , ,

145. Yosua Fredik - 19 November, 2011

Oh dajjal bukan setan toh……. wakawkawkawk

146. Vic - 30 November, 2011

!!

147. Checha - 3 December, 2011

Buat “semua agama” & “EL”; knapa umat islam shalat menghadap k kiblat ato ka’bah dan bertawaf memutari ka’bah.. Bkn krn menyembah batu tp Itulah poros bumi. Neil Armstrong (laki2 y pertama x menginjakkan kakinya k bulan) dan sunita williams (wanita pertama y k bulan) pnh menyaksikan fenomena y luar biasa. D saat semua belahan bumi tampak gelap, hanya dua kota y cahayanya terang benderang. Dan cahaya itu berasal dr kota mekkah dan medinah. Dan setelah d teliti lg, ada radiasi y sangat luar biasa dr bumi y “seakan2” bumi ini d gantung pd seutas tali dan tali it tak berujung. Radiasi it berasal dr KA’BAH. (Subhannallah). Saat pertama x neil armstrong menginjakkan kakinya k bulan, dia mendengarkan suara y kemudian d ketahui bahwa suara it adlah suara azdan. Pdhal gelombang suara dr bumi tdk bs menembus atsmofer. Dan sunita williams jg telah mendengar suara y sama. Merekapun mengaku masuk islam. Itulah kuasa Allah. Qunfayakun waminkum (Jika Allah telah berkehendak, mk terjadilah). Benda2 angkasapun ikut bertawaf mengitari orbit, memuja kekuasaan Allah. Jd.. Bkn Ka’bahnya y d sembah tp itulah letak titik bumi y langsung menghubungkan kpd Allah. Dan Apapun y ada d dlm Alquran it adl ilmu y d turunkan oleh Allah spy anda2 bs berpikir dg akal ttg kebesaran Allah. Qlo Alquran adl rekayasa manusia, drmana manusia jaman dulu mengetahui ttg ilmu2 y hanya bs d buktikan setelah manusia modern meneliti??? anda mencari kebenaran ttg agama, pelajari dg seksama dan pergunakan akal anda.

148. nur - 4 December, 2011

Pada orang orang yang comment, tolonglah jgn menghina agama sesama sendiri, janganlah jadikan ini satu perkara untuk diperlekehkan, sedar sedar lah diri tu sikit. Ya Allah..

149. kursi jati - 8 December, 2011

tak usah dengarkan apa yang mereka bicarakan tentang agama,
kita punya agama sendiri,jadi kita jalani saja agama yang kita anut.
terima kasih

150. tom - 11 December, 2011

inna ad-dina ‘indallahi al-Islam…,
sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam.

151. xxx - 15 December, 2011

gandeng2 monyet ,kya pda bener semua aja lu

152. Alleeya - 18 December, 2011

SIAPAKAH DAJJAL AL-MASIKH & YAKJOD MAKJOD…???

Dimana adanya tamaddun manusia, maka disitu adalah itu Dajjal. Bermula Dajjal itu sudah ada dari zaman Bapak Manusia Pertama yaitu Nabi Adam AS, hinggalah kepada Penutup Kenabian yaitu Nabi Muhammad SAW. Namun pengaruh2 dan kejahatan2 Dajjal lebeh menyerlah pada zaman2 Nabi Musa AS, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW. Karna ummat ketiga2 Nabi inilah yg mewakili ummat2 terbesar yg sentiasa bergolak hinggalah keAkhir Zaman.

Kejahatan2 dan pengaruh2 Dajjal dari manusia yg silam itu telah berbentuk dan berlembaga. Apabila kejahatan silam itu bersatu dan berpadu dgn kejahatan2 dari ketiga2 Nabi itu ianya menjadi kejahatan semesta. Makanya dinamakan ia “Dajjal Al-Masikh.” Maka Allah akan bangkitkan pula dari nama Muhammad yg meliputi, yg dimaksodkan itu Sang Juru Penyelamat yg dinanti, itulah Imam Mahdi AS yg akan membawa keadilan semesta. Maka Dajjal Al-Masikh serta bala tenteranya “Yakjod dan Makjod,” akan disapu bersih dari muka bumi ini oleh Imam Mahdi AS…

Apabila saat Allah munculkan Imam Mahdi AS diMekah, dgn bala tentera dari para Malaikat dan Wali-Nya, Dajjal Al-Masikh serta bala tenteranya dari Yakjod Makjod itu akan ranap mati ditelan bumi. Diketika itu barulah kita sedar siapa sebenarnya Dajjal Al-Masikh dan Yakjod Makjod itu. Apabila datangnya kebenaran Al-Haqq, akan terhapus itu kejahilan dan tersingkap itu kebatilan. Oleh itu janganlah kita selalu suka mencerca sudara selslam kita dgn menghukum mereka itu Dajjal atau Kafir. Karna suka meludah kelangit, akibatnya akan jatuh terpercik kemuka sendiri….

Dajjal dilambangkan makhluk yg memiliki hanya 1 mata, tetapi Dajjal2 zaman sekarang sudah berlaenan. Ada Dajjal yg memiliki 2 mata, ada Dajjal yg memiliki 4 mata. Hahaha… ada Dajjal yg buta terus, langsung tiada bermata… WALLAHU’ALAM…

Sekian, Wassalam & peace… =_= …

153. Didi - 19 December, 2011

Ngeri jg ya

154. Kun ahmad aguero - 19 December, 2011

Ngeri ngeri

155. Yuana - 22 December, 2011

Sekedar mengingatkan, kita ini harapan Rasulullah, lihatlah kembali perjuangan rasulullah yang sampai mati matian berjuang,, semua itu karena siapa? Untuk siapa?karena Kita umatnya,untuk kita umatnya,! Hingga di akhir hayatnya pun, beliau masih menyebut kita,, umatnya sampai tiga kali,, tolong, tolong sekali,,, jangan buat Rasul menangis dan bersedih lagi karena kita,, plissss… marilah kita bersatu dan saling menolong sesama muslim, seperti layaknya saudara, mari kita cintai sesama muslim bagai kita mencintai diri kita sendiri….. kita adalah harapan nabi, baginda rasulullah….. kita adalah tulang pungung muslim….. teruslah berjuang demi kejayaan muslim seperti dulu lagi dengan penuh cinta dan kasih sayang…. terima kasih..

156. anton se gisting - 23 December, 2011

insyaall0h kt sbgai umat islam yang brtakwa kepada ALL0H akan dlindungi. dan mdh2n tdk akn terpancing oleh sgala tipudaya dajal. amin

157. Nanda - 2 January, 2012

kta hrs bertaubat dri s’karang s’belum terlambat nanti’y ..

158. uwi - 18 January, 2012

yg blg islam nyembah kabah tuh org plg bodoh sdunia,otak d dengkul….yg blg smua agama sama,org plg nista sdunia…..udah jlas islam yg plg smpurna…blg aja org kristen pd iri gak kbagian surga….jgn2 dia dajjal tuh,nyebarin fitnah kyk gtho….wat org MUSLIM,jgn percya omongan dajjal yg ngmg kyk gtho…..

159. bams - 18 January, 2012

hembt…

160. Ricky - 28 January, 2012

Kita melihat secara logika….kalo dajjal tiba tiba muncul,mana mungkin dia sesaat dapat menguasai dunia?penutururan Nabi Muhammad SAW mungkin suatu analogi.Ada tulisan yg bagus yg saya baca tentang sejarah keluarga rothscill…menurut pandangan saya,dynasty mereka yg mendekati apa yg dituturkan nabi.dajjal bermata satu simbol dari tatanan dunia baru yg digagas rothschild, dajjal mengendarai keledai putih…putih melambangkan perdamaian,keledai itu binatang yg malas Dan lambat, mungkin yg dimaksud PBB yg diciptakan rothschild.dengan Atas Nama perdamaian mereka invasi negara negara yg tidak patuh.menawarkan air Dan API. Keluarga Rothschild dari revolusi perancis sampai perang Dunia 2 ikut andil dalam pembiayaan perang.dengan jaminan obligasi negara,kalah menang tetap menangguk keuntungan.IMF salah satu organisasi yg didukung rothschild .tujuannya mengambil untung dari kesulitan negara dunia ketiga termasuk Indonesia.
Mereka bukan keturunan yahudi tapi pemeluk agama yahudi,seperti yg saya baca mereka berasal dari bangsa kazar,nenek moyangnya bangsa aria.
Ini hanya opini berdasarkan tulisan tulisan yg saya baca
Terima kasih

161. alif - 29 January, 2012

kata emesku dajjal udh prnh ngluarin suara kok pas malem hari yg bunyinya ‘cek2’ kata kakekku itu suara dajjal yg sedang nyatuin dirinya tpi waktu adzan subuh berkumandang bunyi ‘cek2’ itu hilang & dajjal gagal nyatuin dirinya . jdi dajjal akan nyatu lg pas adzan ga berkumandang lg .
crita emesku ini skedar pengen ngeshare aja k kalian kjadian ini d desa yg pas dlu sepi .

162. ahmed - 29 January, 2012

sesungguhnya hanya Allah SWT yg mengetahui kapan munculnya dajjal, manusia hanya berusaha saja.

163. Reni sutrisno - 12 February, 2012

Smg gue ndk ketemu
ada riwayat pengikutnya bnyk yg wanita soale…takuuut..

164. Cipo - 13 February, 2012

Sungguh ceRita yg menyentuh hati untuk menjadi orang yg beriman

165. Berperang dijalan tuhan - 14 February, 2012

Ceritanya sungguh keren, dari caci maki, hinaan agama dll itu sangan menyentuh hati .
Pelajaran untuk menjadi muslimin yang beriman .

dan pertanyaan buat kaum Yahudi dan nasrani :
Patung yang kalian sembah itu siapa ?
apakah benar itu nabi Isa A.S atau bukan ?
asal kalian tau yang kalian sembah di salip itu adalah sahabat nabi bukan nabi Isa A.S .
Maaf nyampah, saya hanya bertanya😀

166. azzami - 16 February, 2012

gk usah memperdebat kan masalah dajjaL…semua sudah tertulis di dalam lauhul mahfudz..di dalam al quran…alangkah baikny marI kita truz mengkajI hakikat iman islam qt kpada alloh….jgn ngaku ktanya org islam..tapi iman kita msh d liputi penyakit hati..penyakit sombong,ujub,riya,benci.suka mencaci dll…..yuuk sama2 qt meraih prdikat org2 beriman…seperti umat2 rasulullah saw yg trdahulu…

167. LELE - 25 February, 2012

jual ikan lele. hub. 087790177266

168. gaharu - 25 February, 2012

MENJUAL BIBIT GAHARU. ukuran 2-3 CM 2000/btg HUB. 083187772908.
UNTUK wilayah Riau.

169. Fino - 26 February, 2012

Maha suci Alloh,yg maha kuasa lagi maha bijak sana.yg mengetahui apa apa yg tidak kami ketahui.teguhkanlah iman ini.ampuni kebodohan pada diri kami.berikan kekuatan agar terjaga iman kami.segala urusan bergantung padaMU.jagan biarkan kami berpaling dariMU.serta lindungi dari fitnjh almasih addajjal.amin….

170. Bagas slankers - 8 March, 2012

Makanya kita harus sholat,mengaji,dan berdoa kepada ALLAH agar kita diberi kemvdahan ok!

Wassalamualaikum.wr.wb.:-@

171. gita setria ningsi - 26 March, 2012

kpan dajjal it mncul???

172. Ajiaryaandikakesuma - 2 April, 2012

Alangkah baiknya dipelajari kalau sampai masa di zaman kita ada modal utk menjelaskan ke anak cucu.

173. Alex - 3 April, 2012

Cukup segitu aja mas?

174. Amec holicloqhu - 12 April, 2012

Eum…..
Wahai saudara2 qu sudah saatnya kita kembali ke jalan ya lurus..
Bertobat lah kepada ALLAH SWT

175. Bebe - 13 April, 2012

I l○ve u ALLAH..
ALLAH HU AKBAR.!

176. budi prawoto - 15 April, 2012

wah tv itu juga termasuk dajal juga ya..dajal diperlambakan bermata satu lha tv kan matanya satu..coba bayangkan berapa bnxak anak indonesia yg melongo di depan tv,dari pada mengaji membaca qur,an. dg tv anak2 sangat ta,dim, patuh, ketinggalan satu acara sja udah bingung..!!!!

177. gobith - 17 April, 2012

dajjal muncul setelah di salah satu danau di israel surut.

178. selly - 18 April, 2012

dajjal atw apa pun it…
emg akn muncul y ?
trus,,anak yg lhir di israel yg bermata stu it,,bneran ad ?

179. i love islam ! - 18 April, 2012

kakak q sma teman ny sering bnget brtengkr krna prbda.an agma..
benar2 bosan,,
tkut ny ntar mreka jdoh ..
hahaha..
kacau t…

180. Hendrik iskandar sipahutar - 19 April, 2012

Ya ALlah kiamat sdah dkat, ya Allah mdh2 an nnti swktu trn nya dajjal aku mnjdi org yg briman kpd m ya ALLAH.
jngan lah jd kan akú sprti org2 yg kafir amien ya robbal alamien.

181. ahmad - 25 April, 2012

saya pernah bermimpi tentang datang y dajjal yg menyebar fitnah,dan merusak bumi,tapi bentuk dajjal dalam mimpi saya adalah binatang.yaitu macan,ular,kerbau,dan burung elang.

182. Niswar - 30 April, 2012

Taubatlah wahai umat manusia sekalian

183. Elidarni - 27 May, 2012

Assalamua’laikum wr.wb.

Ya bnar tu,klw gk slh ya,kyak y ttng ada tw tdk y dajjal ada didlm al quran, jd mnurut aq tu bnar klaw dajjal ada,ya trgantung dr diri msing2,tp aq ttp koq mnyembah allah swt,dan nbi muhammad saw adlah utusan allah swt yg sebenar2 nya.

Wassalam

184. syarofa - 18 June, 2012

Ass wr.wb. Klo menurut hadist riadus shalihin tu nanti ada seorng lk2 yg mnentang dajjal dngn sketika dajjal. Mrh n mmbelah lk2ntu jdi 2 n mnghidpkanya lgi trs nawrin lgie mw ikt dajjal p gk trs lk2ntu mrh ma dajjalx n di lmpar k nerakax dajjal d pdhal die msk ke syurga x Allah subbahanallah bgt x

185. Bumblebee - 8 July, 2012

Sem0ga kt selalu dilindungi 0leh all0h . . . Amien

186. Della - 9 July, 2012

Percaya ga percaya, aku tetep percaya sama allah bahwa hari dimana yang telah d jelaskan dalam alqur’an itu pasti akan datang,,

187. asmuni - 20 August, 2012

Allah maha besar dan maha adil

188. choerul elma - 31 August, 2012

dajjal pasti akan muncul

189. ErNa - 25 September, 2012

Tuhan memang 1.
Qt yg G sama.
DaN g Ada SalahNya Jg qT mngHarGai sesama Agama..
Jngn saling Olok”an G jelas.🙂
Islam itu indah

190. Evie antika - 30 September, 2012

Sadar g sadar dajjal sudah d persiapkan kedatangannya.simbol mata satu nya ada d uang dollar amerika,acara anak nickelodeon,simbol pyramida hard rock cafe yg ada d kwait dan msh bnyak lg..kaum freemasom dan kaum illuminati sudah sedemikian rupa mempersiapkan kedatangan sang anti kristus kl kaum kristiani menyebutnya.bahkan sudah masuk k dalam budaya pop,dmn pengikutnya adlh madonna,brithney spears,christina aguilera,jay z,dan bahkan rihana sekakipun.mereka menyampaikan pesan dajjal melalui syair lagu..

ayg - 6 October, 2012

napa coment’y jd saling mjokin ya . . .

191. rera - 17 October, 2012

semoga,kita tdk pernah ada di masa dajjal muncul!

192. Nana - 10 November, 2012

Like this .

193. Eya - 11 February, 2013

Sy prcaya dengan adanya kiamat,,dajjal,,imam mahdi dsb,,
tp sy brharap usia sy tidak smpai ke zaman dimana akan ada kejadian trsebut,,,karena sy tidak mau mengalami dan bertemu dngan dajjal,,,,ALQuran itu benar adanya,,,,semua firman ALLAH itu benar,,,dajjal itu akan muncul dan menyesatkan umat manusia,,,tp pada waktu itu jg akan turun nabi Isa dan datangnya imam mahdi yg akan meluruskan dan memerangi dajjal…

194. camek - 28 February, 2013

Mf sblmnya, dr bbrapa sumber yg sya baca, djlskan klo yg buta itu mata kanannya, bukan mata kirinya, kbalik yaak, mhn d cek lg kbnarannya.. Trmksh

195. bang jon - 17 August, 2013

tdk usah menunggu , 1,2,3 ratus atau ribu tahun nanti, zaman skrg aja sdh sangat banyak Dajjal yg berkeliaran di muka bumi.

196. Mohammad Sofi - 23 March, 2014

Dajjal itu asalnya adalah dari Firaun yang mengaku dirinya tuhan. Itulah sebabnya Dajjal pun bercita-cita menjadi Tuhan kepada sekelian manusia. Dajjal akan meneruskan “Legasi Firaun”. Bukan seperti yang tuan katakan dari golongan Yahudi.

Keluarga Firaun telah meninggalkan takhta di Mesir kerana rakyat mesir sudah tidak mahu percaya yang Firaun itu tuhan lantaran Firaun sendiri telah mati lemas semasa mengejar nabi Musa.

Keluarga Firaun muncul semula di German sebagai “Angles” sebahagian dari “The Germanic Tribes”. Kemudian Angles ini telah berpindah ke Britain di bawah gabungan Anglo-Saxon.

Dari perkataan Angles inilah kita dapat “England” yang bermaksud tanah Angles. “English” pun datang dari perkataan yang sama.

Semasa awal-awal pendudukan Angles di Britain lagi, Angles telah membunuh dan memburu Paderi-paderi kristian di gereja-gereja yang mana menunjukkan kebencian Angles kepada mereka-mereka yang percaya kepada Tuhan. Paderi-paderi dibunuh dengan harapan untuk melenyapkan agama itu dari Britain.

Oleh kerana Agama Kristian sudah menyerap dalam kedalam masyarakat Britain, maka Angle telah mengubah strategi iaitu secara luaranya mereka menegakkan kerajaan beraja yang berugama kristian di Britain untuk menyatukan dan mendapatkan kesetiaan rakyat britain. Dalam masa yang sama golongan ini telah pergi “underground” dan menguasai britain secara “belakang Tabir” sehingga berjaya menukarkan Britain dari sebuah negara yang lemah menjadi kuasa dunia.

Strategi “underground” inilah menandakan kelahiran Dajjal ke muka bumi Allah s.w.t.

maka ada persamaan dengan satu hadis Rasulullah s.a.w yang mengatakan Dajjal hidup di atas muka bumi selama 40 hari. Hari pertama panjangnya setahun. Hari kedua panjangnya sebulan dan hari ketiga panjangnya seminggu dan seterusnya. Ada ahli tafsir yang menyatakan hari yang pertama yang panjangnya ialah setahun itu merujuk kepada Dajjal di England. Hari yang kedua yang panjangnya selama sebulan itu merujuk kepada Dajjal Di Amerika. Hari yang ketiga yang panjangnya ialah seminggu adalah merujuk kepada Dajjal di Israel. Mereka (ahli tafsir itu) berpendapat satu hari bagaikan setahun itu membawa maksud seribu tahun kehidupan di dunia. Dan seterusnya….

197. Annisa. - 3 September, 2014

Syukron, nak buat homework nih😀

Saya buat link belog awak ya? Untuk sumber

198. Dundee - 2 February, 2016

Pertama sy bingung dg sosok dajjal, ada info mengatakan bhwa dajjal itu bernama SAMIRI yakni org yg sama yg menyesatkan pengikut nabi musa di saat nabi musa pergi slma 40 hari ke gunung tursina n skembalinya pengikutnya malah menyembah patung sapi emas yg mna disesatkan samiri lalu samiri diusir nabi musa as. Dan info lain jg mngatakan bhwa ia lahir dari hasil incest dan bapak ibunya adalah sedarah sama2 penyembah dewa dewi dan ahli sihir. Selama bayi nya dia sllu dlm keadaan tidur. Dan ia sangat serius mmpelajari ilmu sihir( babylonia dan atau kabbala n mesir kuno ).
Di satu info lain bhwa ia masih terbelenggu di suatu pulau dan dia takkan muncul kecuali danau tiberia airnya menyusut dan diyakini dari situlah dia akan muncul dan akan menguasai dunia dgn imperial israel raya nya.
Pertanyaan nya adalah, jika dia masih terbelenggu nah lalu sistem dajjal or kuffur saat ini selama ini siapa yg merintis dan menjalankan? Krn kan sistem saat ini sistem dajjal, lah wong dajjalnya sndiri cmn bisa ngomong doang krn terbelenggu.
Kedua dari info yg saya tau mengenai dajjal di atas, yg mana yg sahih??
Mohon penjelasannya krn sy tertarik utk tau smoga berkenan menyudahi kebingungan saya.
Jazakallah

Momski - 6 June, 2016

Kalo menurut saya sendiri dajjal itu hanyalah istilah untuk orang2 yang memandang agama dengan sebelah mata, yang hanya berbuat salah di dalam kesehariannya, dikatakan bahwa dajjal memiliki mata satu itu berarti dajjal adalah orang2 yang memandang dengan sebelah mata, menghalalkan segala sesuatu hanya untuk kesenangan dunia dan melupakan akherat dan tidak bertindak sesuai pedoman hidupnya.
Orang ini bisa muslim bisa juga non muslim. Di jaman sekarang ini sudah banyak manusia yang seperti itu yang mulai memecah belah pedoman2 agama dengan sifat dajjalnya itu untuk menghancurkan iman dan akhlak manusia. Maka berpeganglah kepada nilai-nilai dan ajaran Al-quran, InsyaAllah akan terhindar dari keburukan dajjal.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: